Hidup Sehat tanpa Begadang

Tidur merupakan hal yang sangat di butuhkan oleh manusia. Tidur juga berfungsi untuk mengistirahatkan tubuh kita agar lebih Fit kembali. Salah satu kebiasaan yang sering kita lakukan adalah bangun di malam hari dan tidur di siang hari (seperti kelelawar). Memulai aktifitas Online menelusuri dunia maya, Ngeblog, Game Online.

BegadangWaktu tidur yang sehat selama 5-7 jam itu ternyata tidak dapat diganti dengan cara tidur di siang hari. Mengapa Allah menjadikan malam itu gelap dan siang itu terang, ya karena  di malam hari kita emang disuruh untuk istirahat tanpa aktifitas  (Nasihat Ibuku).

Dampak Kurang tidur (Sumber Kompas.com yang aku modifikasi)

1. Meningkatnya angka Kecelakaan

Kurang tidur akan mengakibatkan kita akan mengalami ngantuk berat disiang hari sehingga sewaktu mengendarai Mobil/Motor  rawan kecelakaan.

2. Konsentrasi Menurun

Ini benar banget, Akibat sering begadang, aku sering ketiduran sewaktu kuliah. Ilmu dari dosen gak ada satupun yang tertinggal di memoriku. sehingga sewaktu ujian kelabakan buat contekan akibatnya IPK pas-pasan buat makan. hehe

3.  Berbagai  Penyakit

* Penyakit jantung
* Serangan jantung
* Gagal jantung
* Detak jantung tidak teratur
* Tekanan darah tinggi
* Stroke
* Diabetes

4. Gendut (nah loe,,,koq bisa ya)

Biasanya kalo kita begadang pasti menyiapkan berbagai makanan , snack  dan minuman. Kalo yang hobby ngerokok mungkin  sebungkus bisa saja habis dalam sekejap…Penelitian terakhir terfokus pada hubungan antara tidur dan peptida yang mengatur nafsu makan. Ghrelin merangsang rasa lapar dan leptin memberi sinyal kenyang ke otak dan merangsang nafsu makan. Waktu tidur singkat dikaitkan dengan penurunan leptin dan peningkatan dalam ghrelin. Kurang tidur tak hanya merangsang nafsu makan. Hal ini juga merangsang hasrat menyantap makanan berlemak dan makanan tinggi karbohidrat.

5. Cepat Tua

Nah…..nah yang ini benaran gak ya,,,

Biasanya kalo orang yang sering begadang maka dibawah matanya akan terlihat garis  hitam. coba deh perhatiin….Wajah pun terlihat capek dan letih….

Jujur Emang sulit untuk menghilangkan kebiasaan begadang. Aku baru bisa mengurangi kebiasaan begadang dengan Cara Olahraga bermain Futsal di sore hari, sehingga sewaktu malam tenaga udah letih dan capek sehingga Tidur menjadi lebih awal. Selain itu selalu mencoba untuk memahami bahwa kesehatan itu sangat mahal harganya.

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Aku Ingin Sehat

33 Responses to “Hidup Sehat tanpa Begadang”

  1. mohon ijin mengamankan tempat pertamaxxx… 1-4 saya setuju sekali.

  2. Hummm.. bener juga sih, tapi menurutku sih tidur pagi tergantikan kok.. (pembelaan) hehehe
    Moga menang ya….

  3. hhaha.. wah saya seorang BEGADANGERS nii.. bahaya yahh,,. haha, tapi mudah2an ga menular..

    salam Kenal.

    Maen2 ke blog butut saya.

    Chalief

  4. begadang…. jangan begadang….. kalau tiada artinya…. hahahahah aku masih belom bisa ngilangin kebiasaan bgadang nih…. parahhh

  5. sama, saya kalo banyak pikirian ga bisa tidur
    seperti tadi malam

    salam kenal yoo!

  6. Kalo begadang, memang bawaannya pengen makan melulu😦
    Terima kasih atas partisipasi Sahabat pada Kontes Aku Ingin Sehat.

  7. wuihh serem juga dampaknya ya sob… tapi OL tengah malam menuju pagi emang sensasinya luar biasa euy😀

  8. Huhuy… ikutan kontes juga,,, sip..sip.. moga berjaya..
    dan resiko2 yang ditulis ini, bener banget nih, kurang tidur bikin banyak penyakit..🙂

  9. Kalau enggak tidur sampai jam 3 pagi, tapi malamnya jam 7-9 tidur dulu itu namanya tetep begadang ga sih?🙂

  10. Begadang juga bisa menyebabkan kanker hati. Saya punya teman, umurnya sekitar 28, mengidap sakit jantung karena suka begadang & ngerokok.

  11. untung saya kurang suka bergadang, jam 9 malam saya sudah tidur, jarang saya tidur jam 12 malam

  12. pengen sih ga begadang, mata pun udah ngatuk kalo udah malem. tapi kerjaan yg masih numpukk

  13. wah saya malah ngrasa belom afdol kalo gak begadang, apalagi pas libur pasti deh mata manteng teruss..
    padahal jelas2 gak sehat ya..😀

  14. nambahin. Jerawatan, kata mamaku kalo begadang terus jadi jerawatan
    contohnya anak anak kos yang suka nginep di warnet noh.

  15. jiahh saya ga mau begadang lg ahh

  16. Saya cuma kurang setuju sama poin no 4. Saya termasuk orang yang hobi begadang tapi badan malah makin kurus. hehehe… Apa mungkin emang sayanya aja yang ga bisa bertambah berat badan ya? hmmm…

  17. Yang jelas begadang jangan dijadikan hobby, begadang bolehaja kalau ada perlunya … (kata bang Haji)🙂

    Salam Sukses

  18. cepat tuaaaa …

    salam 🙂

  19. Agar sehat, diperlukan tidur yang cukup, tidak berlebihan juga tidak kurang

  20. untungnya saya sudah bisa mengurangi insomnia akut saya..😛

  21. Mengurangi tidur siang dan melakukan banyak aktivitas seharian dijamin bikin badan bakal capek, dan otomatis tubuh minta istirahat.
    Saya sejak pindah ke Jakarta, dan kemudian punya anak, sekarang malah mengantuk melulu hahahaa…. Jakarta ini menguras energi karena sudah capek duluan di jalan.🙂

  22. bener jadi inget lagu bang oma irama….

  23. jadi inget lagu bag haji nich😀

  24. Saya termasuk orang yang suka begadang,
    salah satu yang disebutkan diatas sudah berpengaruh pada saya, yaitu tekanan darah tinggi…
    umur saya sebenarnya hanya 110 batasnya, tapi saya sudah 140-an,
    hiks…

    Tapi dampak gemuk sepertinya gak ada pengaruhnya buat saya…
    Gak bisa gemuk-gemuk loh… :))

  25. News info…

    I was reading the news and I saw this really cool information…

  26. TOKO ASIA ELEKTRONIK MenawarKan Produk asli dan bergaransi
    Harga Promo Stok barang terbatas ALAMAT TOKO.
    ITC Roxy Mas LT 3 No 110C
    Roxy Mas Lt 3 Blok A38-39,HP. PIN BB:24C19401
    HUB:0853-2822-2842
    Hasyim Ashari Jakarta Pusat
    Kami Melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui via TIKI/JNE
    Printer Canon – MF4820D Rp 1.550.000
    Printer, Scanner, Copier & Fax – Brother MFC-J5910DW Rp 1.500.000
    Printer Canon – L170 Rp 1.659.000
    Printer Canon – MF4750 – Black Rp 2.179.000
    Printer All in One Officejet HP – 7500A (C9309A)
    Printer, Scanner, Copier & Fax – Brother MFC-J6710DW Rp 2.519.000
    Printer Canon – MF4870DN – Black/White
    Rp 5.179.000
    Printer Canon – MF8010CN – White Rp 4.449.000
    Printer Canon – MF9280CDN – White Rp 16.399.000
    Printer Canon – MF8380CDW – White Rp 7.999.000
    Printer Canon – MF8080CW – White Rp 6.279.000
    MESIN FOTO COPY
    Canon iR2018 Copy-Print Rp.5.900.000

    Canon iR4570 Copy-Print-Scan Rp.6.850.000
    Canon iR3300 Copy-Print-Scan Rp.6.700.000

    Canon iR3035 Copy-Print-Scan Rp.6.000.000
    Canon IR3045 Copy-Print-Scan Rp.6.200.000
    Canon iR5070 Copy-Print-Scan Rp.8.300.000

    Canon iR5570 Copy-Print-Scan Rp.8.500.000

    Canon iR6570 Copy-Print-Scan Rp.9.000.000

    Canon iR5075 Copy-Print-Scan Rp.10.500.000

    Canon iR5000 Copy-Print-Scan Rp.13.500.000

    Canon iR6000 Copy-Print-Scan Rp.14.700.000

    Canon iR5020 Copy-Print-Scan Rp16.500.00

    Canon IR6020 Copy-Print-Scan Rp.17.000.000
    http://asia-elektronik.jimdo.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: